Minimarket retail
semakin menjamur saja di tanah air. Sebagian besar masyarakat menjadikan
minimarket untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Namun tak bisa dipungkiri
bisnis ini tak luput dari kecurangan. Kasus kecurangan yang dilakukan penjaga
kasir terhadap konsumen membuat masyarakat harus lebih berhati-hati saat
berbelanja. Apalagi, kenakalan tersebut tak hanya sekali terjadi, banyak kasus
curang yang dilakukan perusahaan ritel dengan menggenapi jumlah barang yang
dibeli.
Ketua Bidang Pengaduan
YLKI, Sularsih mengungkapkan ada beberapa cara agar seseorang tidak menjadi
korban kasir atau retail nakal. Yang paling utama adalah perhatikan jumlah item
yang dibeli sebelum keluar dari minimarket. Konsumen juga wajib mencari tahu
apakah kasus kenakalan tersebut hanya sekali terjadi atau sudah berulang-ulang.
Jika memang sudah sering, maka konsumen bisa melaporkannya kepada aparat
berwajib.
Selain itu, konsumen juga wajib
mengetahui perbedaan harga antara harga yang terpasang di rak maupun kasir.
Kondisi ini kerap kali terjadi, di mana masa promosi yang telah selesai namun
tak disampaikan kepada konsumen. Dari investigasi yang dilakukan, ditemukan
praktek-paraktek curang dan sengaja oleh para kasir di beberapa tempat Mini
Market, Toko Besar, dan Restoran.
Tips Belanja Di
Minimarket
1.
Pastikan
anda teliti sebelum membeli item (cek price tag = item), kalo perlu catat pakai
note (pakai hp/smatphone)
2.
Pastikan
punya nyali untuk menegur kasir apabila merasa ada yang akuh dengan price tag
yang tidak sama dengan item atau anda akan menjadi bulan”an MINIMARKET
3.
Jika
kurang puas silakan buat dengan SURAT TERBUKA.
Modus
Mengelabui Konsumen / Pembeli yang biasa Kasir Nakal Lakukan
1.
Uang
kembalian untuk sumbangan
Menawari uang kembalian beberapa ratus
rupiah untuk disumbangkan ke lembaga yang bekerja sama dengan mini Market
mereka. Tapi, setelah konsumen pergi,
kembalian tersebut kebanyakan tidak disumbangkan malah di kumpulkan
menjadi cukup banyak tiap hari untuk pribadi.
2.
Tidak Mencetak Struk & Memakai Member Card
Sendiri
Modus
ini sangat menguntungkan kasir lebih banyak, dengan tidak mencetak struk. Si
kasir hanya mengetik dan mendisplay harga asli barang, setelah konsumen
membayar dan pergi.
Si
kasir akan mengupdate display tersebut, maka muncullah harga potongan, maka
potongan ini bisa diambil oleh sikasir, ada yang muncul beli 2 dapat 1, maka
keuntungan ini juga diambil oleh si kasir, ada yang mendapat bonus barang
lainnya karena pembelanjaan sekian pada produk tertentu, maka barang tersebut
juga bisa di ambil oleh si kasir kadang untuk dimakan bersama teman sesama
kasir, ada yang bisa dijual di luar.
Dengan tidak mencetak struk untuk
pembeli, si Kasir akan mencetak struk tersebut menggunakan member card nya,
maka sekaligus hal ini akan menambahkan point dalam kartu membernya, dengan
seringnya kasir mencetak struk untuk member cardnya sendiri, pointnya semakin
cepat banyak yang bisa dipakai beli barang di mini market itu sendiri.
3.
Dialih Komputer Rusak
Modus ini bisa lebih besar lagi
hasilnya, dengan alasan komputer rusak padahal sebenarnya tidak, maka si Kasir
akan menjaring lebih banyak konsumen yang membeli tanpa mendapatkan Struk.
Setelah sepi barulah kasir dapat menginput sendiri belanjaan sesuai dengan
barang yang sudah keluar.
4.
Memasukkan Barang pribadi ke pembelanjaan pembeli
Ini
cara yang berisiko, maka hanya dilakukan oleh kasir pada para pembeli tertentu
saja yang terlihat mudah lengah atau tidak teliti (umumnya pembeli cowok).
Caranya, saat orang membeli barang, si kasir menmabahkan item yang biasanya
kebutuhan pribadi seperti kosmetika, sabun atau lainnya ke dalam daftar
belanjaan pembeli.
Setelah pembeli membayar dan pergi
begitu saja, berarti sukses, si kasir sudh bisa mengambil barang yang
dimasukkan list belanja tadi ke dalam tas pribadinya sendiri.
5.
Kasir Restoran – Pembeli Rombongan
Untuk Restoran tidak jauh berbeda dengan
beberapa modus diatas, di tambah modus nomor lima ini yaitu memanfaatkan
konsumen rombongan, dimana karena melibatkan orang lebih banyak maka orang yang
satu umumnya kurang hafal dengan apa yang diambil / dimakan oleh teman lainnya,
sehingga kasir dapat menambahkan item makanan yang padahal tidak ada yang
mengambilnya. Seorang kasir restoran saat di interview mengaku dengan cara
tersebut bisa me Mark up harga menjadi lebih besar 10 ribu – 50 ribu rupiah.
Kalau ada 10 rombongan di hari tersebut ? tinggal kalikan saja jumlah uang
konsumen yang telah di curi haknya.
Target
Orang yang Mudah Dikelabui Kasir Curang
1.
Pembeli
yang tampak tergesa-gesa
2.
Pembeli
yang malas menghitung / memperhatikan struk
3.
Pembeli
yang sambil mainan hp / perhatiannya teralihkan.
Tips
Terhindar kasir Nakal dan Curang
1.
Awasi
kasir saat menginput data / harga
2.
Pastikan
minta Struk
3.
Teliti
Struk sebelum meninggalkan Toko.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar